Macam-macam Usaha Rumahan untuk Mahasiswa

By | April 5, 2016

Dalam bekerja, tak selalu harus ditekuni secara fulltime maupun dihandle dalam fokus yang full. Anda yang sedang menjabat sebagai seorang mahasiswa pun bisa memulai bidang usaha dan nantinya memperoleh nilai rupiah yang relative. Terlebih untuk Anda yang mempunyai waktu luang, karena tak selalu kuliah itu seminggu dalam tujuh hari full. Pastinya ada waktu luang yang dapat Anda manfaatkan untuk berbisnis. Dimana usaha rumahan untuk mahasiswa menjadi salah satu peluang yang sangat mudah untuk dimanfaatkan dengan baik.

Bentuk usaha untuk para mahasiswa memang lebih cocok untuk area freelance atau part time yang dioperasikan dalam rentang waktu tertentu. Di rumah pun Anda bisa saja menjalankan bisnis bersangkutan dan nantinya menghasilkan income dalam jumlah sekian. Secara pastinya cukup lumayan, bukan? Memulai bisnis di rumah untuk sambilan dan aktifitas berwirausaha tersebut pun tak mengganggu waktu belajar. Lebih pada waktu luang semata. Meskipun hanya di beberapa waktu tertentu, bukan berarti tak dapat diandalkan, karena ada banyak sekali pekerjaan freelance yang sebenarnya dapat ditekuni.

Macam-macam dari aktifitas wirausaha di rumah ini pun ada bervariasi, yang mana jenis-jenis tersebut antara lain ialah:

  • Membuka usaha bimbingan belajar dari anak-anak dari SD, SMP maupun SMA bisa bergabung. Di sini bidang pelajaran tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan pula. Tak pula berikan harga yang sesuai dengan perekonomian.
  • Membuat kerajinan tangan, seperti bross dari pita, kancing baju, kain perca dan lainnya. Boneka wisuda yang dibuat dalam desain yang mini, gantungan kunci, mainan anak, dan kreasi lainnya. Penjualannya bisa di share via online maupun ditawarkan ke beberapa toko seperti kios aksesoris.
  • Membuat camilan ringan, contohnya camilan keripik singkong, kritik bayam, keripik pisang, kue kering. Penjualannya pun bisa dikemas kecil-kecil dan ditawarkan ke lingkungan sekitar maupun area pemasaran lainnya. Tawarkan dalam harga bersaing sekalipun dalam laba kecil.
  • Usaha di bidang penjahitan, dimana Anda yang bisa menjahit bisa mengajukan permohonan untuk ikut menjahit yang bisa dibawa pulang. Bisa pula pada tawaran membuat payet dan lainnya.

Beberapa bidang usaha tersebut pada nantinya bisa Anda optimalkan sesuai dengan skill dan bakat. Seperti contohnya dengan memasak, menjahit, berkreasi, mendidik dan usaha lainnya. Untuk mendukung upaya ini, Anda perlu beberapa hal berikut ini:

  • Mental yang berani dan rasa percaya diri yang tinggi, karena pekerjaan yang diambil halal.
  • Berkomitmen untuk menekuni pekerjaan bersangkutan tanpa mengganggu kuliah. Hal ini dapat disesuaikan dengan jadwal dan aktifitas.
  • Memperluas jangkauan seperti mencari pasaran yang tak harus selalu di lingkungan sekitar. Bisa melakukan survei terlebih dahulu guna menunjang adanya pemasaran yang mendukung.
  • Cari peluang usaha yang sedang dibutuhkan di lingkungan sekitar.

Sekalipun seorang mahasiswa, tak ada salahnya untuk memulai usaha seperti sampingan yang hanya dioperasikan di kala-kala tertentu saja. Bahkan dari pemasukan yang sedikit demi sedikit itulah yang akan menjadi banyak dan difungsikan dalam keperluan tertentu. Seperti contohnya dengan biaya kuliah, uang jajan tambahan, tabungan dan keperluan lainnya. Bahkan bisa diandalkan untuk meringankan pembiayaan selama kuliah.

Menempuh bidang study pun bukanlah sebuah penghambat Anda dalam berwirausaha. Dimana usah untuk para mahasiswa ini dapat dioperasikan selama waktu tertentu saja. Dalam artian usaha yang tidak mengganggu jam-jam kuliah. Waktu untuk bersekolah dan berwirausaha pun dapat terkontrol dengan baik. Seperti contohnya dengan pemilihan pelaksanaan bisnis di hari-hari non kuliah sebagai hari free untuk berwirausaha.